WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 07 November 2012

Materi Penjas


BAB 1 SEPAK BOLA

Standar Kompetensi           
1.   Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
1.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan serta dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.
Indikator                               
1.              Melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
2.              Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.
A.             Tujuan Pembelajaran
1.              Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
2.              Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.
B.              Materi Pembelajaran  
            Permainan Sepakbola
1.              Variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
2.              Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.




BAB 2 BOLA VOLI

Standar Kompetensi           
1.   Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan serta dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

Indikator                               
1.              Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.              Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A.            Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.        Siswa dapat bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B.            Materi Pembelajaran
            Permainan Bolavoli
1.        Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.        Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.



BAB 3 ATLETIK (LARI GAWANG)

Standar Kompetensi           
1.   Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.3.  Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.
Indikator
1.              Melakukan teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.              Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.              Perlombaan atletik lari gawang 110 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat melakukan teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.        Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.        Siswa dapat melakukan perlombaan lari gawang 110 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B.       Materi Pembelajaran
            Atletik (Lari gawang 100 meter)
1.        Teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.        Variasi dan kombinasi teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.        Perlombaan lari gawang 110 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.



BAB 4 LOMPAT JANGKIT

Standar Kompetensi           
1.   Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.3.  Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator
1.              Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jangkit (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.              Perlombaan atletik lompat jangkit dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jangkit (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.        Siswa dapat melakukan perlombaan lompat jangkit dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B.       Materi Pembelajaran
            Atletik (Lompat jangkit)
1.        Variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jangkit (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.        Perlombaan lompat jangkit dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.



BAB 5 SENAM RITMIK

Standar Kompetensi           
4.   Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu dengan diiringi musik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
4.1.  Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika.
4.2.   Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika.

Indikator
1.              Melakukan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
2.              Melakukan penyelarasan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
3.              Melakukan perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).

A.      Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat melakukan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
2.        Siswa dapat menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
3.        Siswa dapat melakukan perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).

B.       Materi Pembelajaran
            Aktivitas Ritmik
1.        Gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
2.        Menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
3.        Perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).








1 komentar: